Translate

Tuesday, October 13, 2015

ANACARAKA ABJAD DALAM AKSARA BALI



þ sÙsÓêsÓ¡   .

  Yang belum install font bali simbar image " Om Swastiastu" seperti di bawah

Ternyata di balik abjad aksara bali yang semeton kenal ternyata ada ceritanya. Masih ingatkah semeton dengan abjad bali anacaraka?. Anacaraka dikenal dalam abjad Bali dan Jawa. Bentuknya serupa tapi tak sama. Anacaraka dalam abjad bali terdiri dari 19 karakter yaitu: a na ca ra ka da ta sa wa la ma ga ba nga pa ja ya nya. Dalam aksara balinya seperti di bawah:
''hncrkdtswlmgb\pjyz.'' 


 Yang belum install font bali simbar lihat gambar di bawah:

Anacaraka





Abjad anacaraka menurut legenda diciptakan oleh raja Aji Saka. Kisah Anacaraka menceritakan tentang 2 abdi beliau yang setia yang keduanya terbunuh karena kesalahan dalam menyampaikan pesan. Itulah mengapa begitu pentingnya dalam menerima dan menyampaikan pesan dengan benar. 

Inilah arti dari abjad anacaraka:
Anacaraka = ada abdi setia.
Data Sawala = sama-sama membawa pesan.
Magabanga = keduanya tewas.
Pada Jayanya = sama-sama sakti.

Diceritakan ketika raja Aji Saka akan turun tahta dan waktunya untuk bertapa atau dalam ajaran agama Hindu Dharma dikenal dengan wanaprastha masa mempersiapkan diri untuk mencapai tujuan terakhir dalam ajaran Hindu Dharma yaitu Moksha. Dikisahkan dalam perjalanannya mencari tempat bertapa raja Aji Saka dikawal oleh dua pengawal ( bodyguard ) setianya, kalau dalam bentuk pemerintahan presidensiil sama dengan paspampres he he he.... Kedua bodyguard-nya bernama Mr Dora dan Mr Sembada ( karena sekarang jaman digital namanya ada mister-nya biar keren..........). Kemudian Mr Sembada diperintahkan kembali ke istana membawa keris pusaka sebagai simbol kepemimpinan beliau. Raja Aji Saka berpesan:" Jaga Keris Pusaka ini baik-baik jangan sampai jatuh ke tangan pendekar berwatak jahat chia hia ciaaat ataaa.......( seperti mengingat jamannya sandiwara radio yang berjudul tutur tinular, sekarang beda jamannya facebook coy...) kecuali aku". Mr Dora dan Aji Saka tetap melanjutkan perjalanan mencari tempat pertapaan. Akhirnya Raja Aji Saka menemukan tempat pertapaan yang cocok. Kemudian Raja Aji Saka memerintahkan Mr Dora menjemput Mr Sembada ke istana serta membawa keris pusaka yang diamanatkan.



Singkat cerita Mr Dora dan Mr Sembada bertemu di istana. Selesai bersalam-salaman, peluk-pelukan ( seperti teletubbies hehehehe...) tapi lupa kalau sesuai adat Karangasem ada nge-drink tuak atau arak ( balinese cocktail made from palm wine, githo.....) eh iya masa pengawal raja drink-nya cuman tuak, pasti 3 aksara bro apa? BIR .....pastinya plus ada DJ-nya. Selesai minum dan joged ala tango,samba,goyang ngebor Mr Dora berkata kepada Mr Sembada" Gua disuruh menjemputmu sekaligus membawa keris pusaka Yang Mulia". Tapi Mr Sembada menjawab " Bukankah Yang Mulia berpesan keris pusaka ini jangan diserahkan ke orang lain selain Yang Mulia ( Pusing pale Barbie.... )". Maka perdebatan terjadi dan sama - sama mempertahankan argumen masing-masing. Dan terjadilah pertempuran hebat antara keduanya dan tentunya di liput oleh jurnalis dalam dan luar negeri dan tiap orang juga tak mau ketinggalan mengabadikan moment dan tentunya akan di-upload di Medsos ,hehehehhe kok ngelantur.........


Akhir Cerita karena keduanya sama-sama hebat,sama-sama sakti dalam pertarungan karena sama-sama mempertahankan tugas,Mr Dora dan Mr Sembada keduanya tewas. Mengetahui 2 pengawal pribadinya tewas,raja Aji Saka sangat sedih dan terpukul akhirnya menuliskan kisah itu dalam abjad aksara anacaraka. Demikianlah legenda dari aksara anacaraka semoga semeton bisa mengambil hikmahnya.



sukuæß.

Yang belum install font Bali Simbar seperti gambar:
Suksma




þ                  ] nÓi;  ] nÓi;   ] nÓi;                                                     þ.

Yang belum install font bali simbar tampak seperti gambar di bawah:

Om Shanti Shanti Shanti Om






No comments:

Post a Comment